Lomba Robot

 

Lomba Robot Juli – Agustus 2012

SEMARANG – Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Pengetahuan (UKM PP) Politeknik Negeri Semarang (Polines) menggelar kontes Robot Bertajuk “Polines Roboline Contest”, kemarin.

Kontes kali ini berbeda dari kontes-kontes sebelumnya karena ada dua anak berkebutuhan khusus dari Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang jadi peserta.Keduanya yakni,Andi Setyo Nugroho dan Hasbi Reski Maulana yang mengalami keterbatasan bicara dan mendengar atau tuna runguwicara. Pada kontes tersebut, Andi dan Hasbi ikut kontes katagori pelajar.Robot yang ditampilkan merupakan robot analog.Meski memiliki keterbatasan panitia tidak membedakan dengan peserta kontes lain yang didominasi anak-anak normal.

Supriyadi,salah seorang guru pendamping SDLB mengaku bahwa robot memang masuk dalam ektrakrikuler di SDLB Tuban dan merupakan binaan Jakarta Robot Centre. Dalam club inilah, Andi dan Hasbi bergabung bersama anak-anak lain yang memiliki minat sama dalam bidang teknologi. Dia mengaku memang tidak mudah untuk membimbing anakanak berkebutuhan khusus untuk belajar merakit robot. “Awalnya mereka kita kenalkan dengan alat-alat,kemudian mengajari menggunakan peralatan.Semua kita lakukan dengan cara instruksi melalui kode,”katanya,kemarin.

Sudiyono, orang tua Andi Setyo Nugroho mengaku kalau anaknya tidak bisa mendengar sama sekali sejak lahir.Namun meski begitu, justru anaknya memilik berbagai kemampuan yang tidak dimiliki oleh anakanak normal.”Apa saja dia bisa. Kemarin ikut lomba motorcross juara V, dia juga senang badminton,”katanya bangga. Sebagai orang tua, Sudiyono mendukung seluruh aktivitas anak selama bersifat positif. “Setiap ikut lomba saya selalu mendamping meski harus dengan modal sendiri,” ujarnya.

Ketua panitia Kontes Septian Dwi Kurniawan, 20, kontes robot tersebut merupakan salah satu program UKM Pengembangan Pengetahuan yang dilakukan setiap tahun. “Untuk pesertanya selain dari Jawa Tengah juga ada dari Jawa Timur,Jakarta,sertaYogyakarta. Total untuk pelajar ada 28 kontestan dan mahasiswa ada 20 tim,”pungkasnya. andik sismanto

Sumber: Harian Sindo

2 responses

  1. salam sukses selalu, ty atas info nya Gan. jujur sy senang skli ada info menarik tentang product yg agan punya. Semoga sy bisa refrensikan ke mhs/i sy.

    1. TO belajar service : ok sama sama mas gan😀 ditunggu next visit nya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: